1.Hardware[Kembali]
a.Keyped
b.LCD
C.Papan Rangkaian Simulasi
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3','a'},
{'4', '5', '6','b'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9','c'},
{'*', '0', '#','d'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0); }
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } }
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3','a'},
{'4', '5', '6','b'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9','c'},
{'*', '0', '#','d'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0); }
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } }
Pada Perocbaan 3 ini kita menggunakan keyped sebagai inputan yang tehubung ke output digital pada arduino,prinsip kerja rangkaian ini adalah saat data dimasukkan menggunakan keyped maka arduino akan membaca data masukan yang kita tekan tadi,setelah itu data akan di keluarkan dari output analog pada arduino yang terhubung dengan LCD,kemudian LCD akan menampilkan data inputkan yang kita masukkan tdi dengan menggunakan keyped
- Download HTML DI SINI




Tidak ada komentar:
Posting Komentar